Pengikut

Senin, 30 April 2012


Tujuan Mengenali Bakat

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah
Setiap orang adalah individu yang unik. Setiap orang juga bertanggung jawab atas dirinya sendiri untuk menemukan misi hidupnya masing-masing. Agar kita bisa berkontribusi maksimal, tentunya akan sangat baik bila kita bekerja atau belajar di bidang yang paling sesuai dengan keunikan kita. Ibaratnya bisa menjadi ikan dalam air, atau burung di udara.
Mengenali bakat merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kenalkah Anda dengan JK Rowling? Itu loh, penulis Harry Potter yang buku terakhirnya terjual 8.9 juta hanya dalam waktu semalam di Amerika dan Inggris saja. Semula dia bekerja sebagai pelayan toko. Hidupnya susah karena pendapatan yang pas-pasan. Tak disangka dia ternyata berbakat mendongeng. Setiap malam dia mendongeng kepada anaknya, yang kemudian oleh anaknya diceritakan kembali kepada teman-temannya. Tak disangka, dari sanalah muncul motivasi menulis buku fiksi Harry Potter yang ternyata sukses luar biasa di pasaran. [1]

B.       Rumusan Masalah
1.      Apakah definisi bakat itu?
2.      Apakah tujuan mengenali bakat?
3.      Apakah manfaat mengenali bakat?









BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Bakat
Bakat dari segi bahasa asalah kelebihan atau keunggulan alamiah yang melekat pada diri kita dan menjadi pembeda antara kita dan orang lain[2]. Menurut Crow dan Crow merupakan mualitas yang dimiliki oleh semua orang dalam tingkat yang beragam. William B. Michael berpendapat bahwa bakat adalah kapasitas seseorang dalam melakukan tugas, yang sedikit sekali dipengaruhi atau tergantung dari latihan. Sedangkan bakat menurut Brigham adalah kondisi kualitas atau sekumpulan kualitas yang dititik beratkan pada apa yang dapat dilakukan individu.[3]
Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampiloan khusus. Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga mungkin saja seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang laten.[4]

B.     Tujuan Mengenali Bakat
Tujuan dari mengenali anak berbakat adalah untuk mengetahui orang yang mampu (memenuhi syarat) mengikuti program khusus sebagai pelayanan pendidikan bagi mereka yang memiliki bakat-bakat unggul dalam salah satu atau beberapa bidang.[5]
Secara umum tujuan  dari mengenali bakat adalah agar kita dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal. Untuk membantu seorang siswa dalam pengembangan bakatnya. Beberapa sekolah mengenalinya dengan beberapa tes. Dari hasil tes tersebut guru atau konselor akan mengetahui kemampuan khusus yang dimiliki siswanya. Secara khusus tujuan mengenali bakat adalah sebagai berikut:
1.   Dapat mengetahu kecerdasan atau kemempuan khusus yang dimiliki anak
2.   Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal
3.   Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juag tinggi)
4.   Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena factor kemampuan ataukah factor lain seperti kemalasan, dll
5.   Untuk mendeteksi persoalan belajar yang dimiliki terutama pada penguasaan bahan pelajaran
6.   Memilih bahan pelajaran yang sesuai dengan kemampuan
7.   Untuk memilih pendidikan lanjutan yang ingin dimasuki[6]
8.   Untuk memnuat rencana untuk kehidupan pekerjaan mereka dikemudian hari [7]
Mengembangkan bakat dan minat bertujuan agar seseoprang belajar atau dikemudian hari bisa bekerja dibidang yang diminatinya dan sesuai dengan kemampuan serta bakat dan minat yang dimilikinya sehingga mereka bisa mengembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dengan penuh antusias.

C.     Manfaat Mengenali Bakat
1.      Untuk mengetahui potensi diri
Bakat merupaka kemampuan yang lebih menonjol daripada yang lain, baik secara intelektual (teoritis) maupun secara praktis. Bakat merupakan potensi yang dimiliki seseorang karena factor genetic. Potensi yang dimiliki anak banyak beragam, bisa ratusan bahkan ribuan poptensi yang dilimiki, namun tentunya hanya ada satu atau dua potensi yang paling menonjol. Tidak mungkin semua potensi yang dimiliki dapat dikembangkan semuanya, hanya potensi-potensi tertentu yang paling menonjol saja yang perlu dikembangkan. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki, kita jadi tahu potensi kita dan bisa dekembangkan.
2.      Untuk merencanakan masa depan
Meraih masa depan harus dipersiapkan sejak dini, perencaan masa depan atau cita-cita perlu menjasi pertimbangan yang sangat penting. Dengan mengetahui bakat yang dimilki, kita bisa merencanakan, mengembangkannya dengan demikian juga turut merencanakan masa depan.
3.      Untuk menentukan tugas atau kegiatan
Efektivitas pekerjaan sangat tergantung dari bekal kemampuan yang dimiliki ketika aktivitas pekerjaan sesuai dengan bakatnya tentun hasilnya akan lebih jauh lebih bagus atau lebih maksimal dari pekerjaan yang tidak sesuai sengan bakat atau potensinya. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki, kita bisa memilih kegiatan apa yang kita lakukan sesuai dengan bakat yang kita miliki.[8]
























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampiloan khusus. Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga mungkin saja seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang laten.
Secara umum tujuan  dari mengenali bakat adalah agar kita dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal. Untuk membantu seorang siswa dalam pengembangan bakatnya. Beberapa sekolah mengenalinya dengan beberapa tes. Dari hasil tes tersebut guru atau konselor akan mengetahui kemampuan khusus yang dimiliki siswanya. Secara khusus tujuan mengenali bakat adalah sebagai berikut:
1.      Dapat mengetahu kecerdasan atau kemempuan khusus yang dimiliki anak
2.      Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal
3.      Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juag tinggi)
4.      Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena factor kemampuan ataukah factor lain seperti kemalasan, dll
5.      Untuk mendeteksi persoalan belajar yang dimiliki terutama pada penguasaan bahan pelajaran
6.      Memilih bahan pelajaran yang sesuai dengan kemampuan
7.      Untuk memilih pendidikan lanjutan yang ingin dimasuki
8.      Untuk memnuat rencana untuk kehidupan pekerjaan mereka dikemudian hari

Manfaat mengenali bakat adalah untuk mengetahui potensi diri, untuk merencanakan masa depan, untuk menentukan tugas atau kegiatan yang akan dilakukan.



DAFTAR PUSTAKA

v  Munandar Utami. Jakarta, 1992. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah.: Rasindo
v  Zakiah Daradjat. Jakarta , 1982.  mencari bakat anak.: Bulan bintang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar